Makanan Yang Baik Di Konsumsi Ibu Hamil Agar Janin Sehat

Selamat datang di Toko Rana >> Selaku penjual resmi obat herbal, yang sudah di akui di selurruh penjuru kota di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, akan memberikan sedikit informasi mengenai ” Makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil agar janin sehat ” Silah di simak…

Hasil gambar untuk menu sehat untuk ibu dan janinSebagai ibu hamil (bumil), tentu sebelum mengkonsumsi suatu jenis makanan tertentu Anda akan lebih selektif dan mempertimbangkan kadar kandungan gizi nya serta keamanan untuk di konsumsi ibu hamil bukan ? hal ini bertujuan untuk memenuhi asupan gizi ibu dan si jabang bayi, agar si bayi lahir sehat dan sempurna. Sehingga tidak salah bila bumil ingin memberikan yang terbaik untuk calon buah hatinya itu. Disamping itu si ibu akan mengalami perubahan fisik maupun psikologis pada tubuhnya. Maka dari itulah ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi, sebab mengandung gizi, nutrisi, serta vitamin yang tinggi, untuk memenuhi asupan makanan untuk ibu maupun si kecil.

Ketika menginjak kehamilan di triwulan pertama, dimana organ vital ( otak, saraf, serta refroduksi ) sudah mulai terbentuk. Alangkah baiknya apabila bumil meningkatkan nutrisi asam folat, untuk membantu pertumbuhan & perkembangan sistem saraf di janin, menghindari bayi lahir cacat, sumsum tulang belakang, bibir sumbing, jari tangan maupun kaki tidak lengkap, sampai cacat jantung bawaan.

Beberapa makanan yang berkhasiat untuk di konsumsi ibu hamil, antara lain :

  1. Minum air putih sebanyak 2,5 liter (kira-kira 10 gelas perhari) selama hamil maka air harus tercukupi. Fungsinya : Sebagai pengantar nutrisi dari makanan menuju janin, mencegah bayi lahir prematur, hemoroid, konstipasi, dan mencegah terjadinya infeksi kandung kemih.
  2. Perbanyak buah-buahan. 5 porsi sayuran dan buah berbeda jenis harus dikonsumsi bumil tiap harinya : Buah-buahan semua warna tapi, sebaiknya hindari buah nanas karena bisa menimbulkan keguguran.
  • Konsumsilah : Alpukat (karena kaya asam folat, Vit C, B6, potasium, serat & kaya asam lemak tidak jenuh baik untuk janin dalam membentuk sel saraf, mata dan otak) alpukat pula baik untuk mengatasi mual muntah pada ibu hamil.
  • Apel kaya Vit A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C, dan serat untuk menghindari sembelit & membantu dalam menurunkan kolesterol.
  • Kurma mengandung kalium mencegah kram pada bumil, serat, mangan untuk melindungi tubuh serta janin dari gangguan radikal bebas, fosfor, zat besi (mineral yang diperlukan bumil untuk memproduksi Hb darah), belerang, magnesium, kalsium menjaga tulang ibu hamil supaya tetap utuh sekaligus membuat kerangka tulang yang sehat untuk bayi dan Vit B nya membantu memperkuat dinding rahim ibu hamil.
  • Buah manggis kaya akan Vit C yang mana membantu dalam elastisitas kulit tubuh ibu hamil di masa-masa kehamilan.
  • Buah naga bila untuk ibu hamil bisa menghilangkan dahak yang sering mengganjal.
  • 1 buah pisang kaya dengan potasium, Vit B6 berkhasiat untuk melancarkan metabolisme tubuh. Wortel sebanyak 2 buah mengandung Vit A, membentuk mata, tulang bayi.

3. Sayur-sayuran khususnya yang berwarna hijau tua : Bayam mengandung asam folat, serat, mangan, zat besi, Vit A,C juga K. Brokoli untuk perkembangan tulang, sebab kaya asam folat serta kalsium.

4. Adapun 3 jenis makanan yang kaya akan protein yang baik untuk ibu hamil dan janin, ialah : daging merah tanpa lemak, ikan salmon dan tuna yang kaya omega 3 & lemak baik untuk perkembangan & pertumbuhan sel-sel otak janin juga penglihatan bayi, konsumsilah secara cukup tidak berlebihan setidaknya 12 ons/minggu. Serta telur yang dalam 1 buah telur hanya mengandung 90 kalori, 12 vitamin juga mineral, protein tinggi, juga kolin untuk mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak sekaligus menghindari cacat tabung saraf.

5. Kacang, biji dan umbi-umbian.

  • Kacang Merah, kaya akan zat besi, antioksidan, dan protein yang berguna untuk perkembangan kognitif janin.
  • Buncis & jagung mengandung yang terbaik untuk serat dan protein yang terbanyak dari semua jenis sayuran yang ada.
  • Ubi jalar bagi wanita hamil, warna orange nya terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat.
  • Walnut, ini adalah salah satu sumber nabati omega-3 terkaya. Sebagai pengganti ikan atau telur, yang sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi.

6. Sumber makanan berkarbohidrat meliputi : nasi sebagai sumber energi. Kentang tinggi dengan vitamin juga mineral. Oatmeal mengandung serat, Vit B, potassium juga zat besi. Sereal mengandung serat, juga asam folat.

7. Olahan berbahan dasar susu, yang berguna untuk memenuhi kebutuhan kalsium juga nutrisi, perkembangan tulang selama masa kehamilan, misalnya : yoghurt & keju.

Awas ! Jangan mengkonsumsi makanan mentah, karena bisa terkontaminasi bakteri, zat arsenik misalnya : mercury, dan parasit yang bisa mengganggu kesehatan selama hamil.

Kesimpulannya, beberapa makanan ini bisa di jadikan referensi makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil agar janin sehat, agar kebutuhan gizi dan nutrisi tercukupi, sehingga bayi lahir sehat, ibupun melahirkan selamat. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat & menambah wawasan Bunda di rumah ya. Selamat mencoba dan salam sehat dari TokoRana.com

~ Makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil agar janin sehat ~

Post by >> Asbabsehat.com

 

 

2 gagasan untuk “Makanan Yang Baik Di Konsumsi Ibu Hamil Agar Janin Sehat

  1. Ping-balik: Jenis Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma Pria | Alami !

  2. Ping-balik: Inilah Ragam Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil | Janin sehat, ibu selamat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>